Silabus
Jenjang : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 2
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran. | Lingkaran. · Mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran. | · Mengenal pengertian lingkaran dan menyebutkan benda-benda di sekitar kita yang berbentuk lingkaran. · Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model (gambar ilustrasi). | Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | Perhatikan lingkaran berikut. ![]() ![]() · O B Disebut apakah garis AB? | 2 × 40 menit. | Sumber: · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
4.2. Menghitung keliling dan luas lingkaran. | · Menentukan nilai Phi ( ![]() · Menentukan keliling lingkaran. · Menentukan luas lingkaran. | · Menyimpulkan nilai Phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran. · Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga. · Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah. | · Menemukan nilai Phi. · Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran. · Menghitung keliling dan luas lingkaran. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d). Berapakah nilai ![]() 2. Sebutkan : a. Rumus keliling lingkaran yang berjari-jari m. b. Rumus luas lingkaran yang berjari-jari n. 3. Hitunglah : a. keliling lingkaran dengan diameter 10 cm. b. luas lingkaran dengan jari-jari 3 cm. | 6 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
4.3. Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. | · Mengenal sudut pusat dan sudut keliling. | · Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama. · Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama. | · Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama. · Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Jika sudut A adalah sudut pusar dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama. 2. Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran? | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| · Mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat. | · Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng. · Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. | · Menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng. · Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Di dalam lingkaran dengan jari-jari 7 cm, terdapat sudut pusar yang besarnya ![]() a. Panjang busur kecil. b. Luas juring kecil. 2. Gambar di bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air pada pipa adalah 10 cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas penampang ![]() | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
4.4. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran. | Garis Singgung Lingkaran. · Mengenal garis singgung lingkaran. · Menemukan sifat-sifat garis singgung lingkaran. · Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran. · Mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran. | · Mengenal pengertian garis singgun pada suatu lingkaran dan titik singgung lingkaran. · Mempelajari sifat-sifat garis singgung lingkaran. · Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. · Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran. · Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran. | · Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. · Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Perhatikan gambar! ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() Q Berapakah besar sudut P? Mengapa? 2. Perhatikan gambar! ![]() B P · · Q L Disebut apakah: a. Garis AB? b. GAris KL? | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| · Melukis garis singgung lingkaran. · Menghitung panjang garis singgung persekutuan. · Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubung- kan dua lingkaran. | · Melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak: - pada lingkaran - di luar lingkaran · Melukis garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran. · Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran. · Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran. | · Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar. · Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubung-kan dua lingkaran. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 5 cm dan 2 cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10 cm, berturut-turut berapakah panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar? | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
4.5. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga. | Lingkaran. · Melukis lingkaran dalam dan luar segitiga. | · Menggunakan jangka dan penggaris untuk lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. · Menghitung jari-jari lingkaran dalam serta luar segitiga. | · Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah: a. Lingkaran dalam segitiga b. Lingkaran luar segitiga. | 2 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| · Melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris. | · Memahami cara melukis lingkaran jika diketahui tiga titik berbeda yang tidak segaris. | · Melukis lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | Buatlah lingkaran yang melalui titik-titik P, Q, R berikut! · R P · · Q | 2 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran. | · Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung lingkaran. | · Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai lingkaran dan garis singgung lingkaran. | · Ulangan harian. | · Uraian singkat. · Pilihan ganda. . | 1. Seekor anjing yang terikat pada suatu pancang dialtih untuk berlari mengitari halaman. Suatu hari anjing itu berlari mengelilingi halaman 30 kali dengan tali yang mengencang sepanjang 5 m. Apabila tali dianggap terus mengencang setiap kali berputar, berapa meter jarak yang ditempuh anjing itu? 2. Segitiga ABC memiliki sisi-sisi 12 cm, 5 cm, dan 13 cm. Panjang jari-jari lingkaran dalamnya adalah … a. 2 cm c. 6 cm b. 4 cm d. 8 cm 3. Panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 15 cm. Jika panjang jari-jarinya masing-masing 10 cm dan 2 cm, jarak kedua pusat lingkaran itu adalah ..... a. 17 cm c. ![]() b. ![]() | 2 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
5.Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber / Bahan / Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengidentifi-kasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. | Kubus, Balok, Prisma dan Limas Tegak. · Mengenal unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas tegak. | · Menyebutkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas tegak. · Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas dengan menggunakan model. | Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | ![]() W V S R T U P Q Perhatikan balok PQRS-TUVW. Sebutkan titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonalnya. | 2 × 40 menit. | Sumber: Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
5.1. Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas. | · Menggambar kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Merancang jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Buatlah gambar jaring-jaring kubus yang panjang rusuknya 5 satuan. 2. Buatlah gambar jaring-jaring prisma segitiga tegak ABC.DEF dengan panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, serta tinggi 6 cm. | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
5.2. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas. | · Menghitung luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. · Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Hitunglah luas permukaan dari sebuah balok yang panjang, lebar, dan tingginya berukuran 45 cm, 15 cm, dan 12 cm. 2. Hitunglah luas permukaan dari sebuah prisma ABCD.EFGH dengan sisi alas berbentuk jajargenjang dengan ukuran 4 cm dan 5 cm, serta tinggi prisma adalah 8 cm. | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| · Menemukan dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Mencari rumus volume kubus, balok, prisma dan limas tegak. · Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Tugas individu. | · Uraian singkat. | 1. Hitunglah volume kubus yang panjang rusuknya adalah 4 cm. 2. Hitunglah volume limas tegak sisi empat dengan alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisi 9 cm dan tinggi limas 8 cm. | 4 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
| Kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. · Mengenal unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas tegak. · Menggambar kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. · Menghitung luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. · Menemukan dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak, yaitu mengenai unsur-unsur , cara menggambar, menghitung luas permukaan dan volume dari kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak, yaitu mengenai unsur-unsur , cara menggambar, menghitung luas permukaan dan volume dari kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. | · Ulangan harian. | · Uraian singkat. · Pilihan ganda. | 1. Ukuran sebuah batu bata adalah 10 cm ![]() ![]() 2. Luas sisi limas dengan alas persegi adalah 384 ![]() a. 6 m c. 10 m b. 8 m d. 12 m | 2 × 40 menit. | · Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh M.cholik Adinawan ;Erlangga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar