= SELAMAT DATANG DI BLOG ARTIKEL PENDIDIKAN BY JUMIANTO =

-== SELAMAT DATANG DI BLOG ARTIKEL PENDIDIKAN BY JUMIANTO & SEMOGA BERMANFAAT= = -

Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 02 Februari 2011

RPP Matematika SMP kelas VIII


 




TUGAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SMP KELAS VIII SEMESTER 1
MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Disusun oleh :
           Nama                : JUMIANTO
NPM                     : 096410956
Kelas                   : III A
Mata Kuliah      : PPM
  Prodi                   : Pend. Matematika

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
TA. 2010/2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP Kudu Pinter
Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas/Semester                        : VIII(Delapan)/I(satu)
Pertemuan ke               : 3(tiga)
Alokasi Waktu             : 2 x 40 Menit

Standar  Kompetensi: Memahami bentuk aljabar,relasi,fungsi dan persamaan garis lurus
Kompetensi Dasar     : 1.4 Menentukan Nilai Fungsi
Indikator                    : Menentukan fungsi yang merupakan korespondensi satu-satu
A.       Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menentukan fungsi yang merupakan korespondensi satu-satu
B.       Materi Ajar
·      Korespondensi satu-satu
C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Ø  Pendekatan Pembelajaran : Contextual Teaching Learning(CTL)
Ø  Metode Pembelajaran        : Ceramah,Diskusi,Tanya jawab,Pemberian Tugas(LKS)

D.       Penerapan Pendekatan CTL
Komponen Pembelajaran CTL
Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa
Waktu

Kegiatan awal      :




v Apersepsi dengan mengingat kembali materi yang lalu yaitu tentang fungsi(pemetaan)
Pengertian Fungsi Pemetaan
Fungsi pemetaan adalah suatu relasi antara dua himpunan yang setiap anggota himpunan pertama dipasamgkan dengan anggota himpunan kedua dengan tepat.
Contoh :
http://www.preceptorial.com/uploads/gb.-B01-Pengertian-Fungsi-Pemetaan-01-300x193.jpg
Relasi antara A dan B
Keterangan
A = {andi, jaka, irma}
B = {sinta, galih, budi}
v Memberi motivasi kepada siswa misal untuk mengetahui bahwasanya setiap Negara hanya memiliki satu lagu kebangsaan, sehingga terdapat korespondensi satu-satu antara himpunan Negara dengan himpunan lagu kebangsaan. Jadi tidak mungkin satu Negara memiliki dua buah lagu kebangsaan.


v Menyampaikan materi apa yang akan diajarkan pada hari ini yaitu tentang  korespondensi satu-satu

v Menyebutkan Materi sebelumnya






























v Mendengar dan Menyimak











v Mendengar dan menyimak





10 Menit

Kegiatan inti :



Ø Kontruktivisme
























Ø Inkuiri






Ø Bertanya





Ø Masyarakat Belajar









Ø Pemodelan





Ø Refleksi










Ø Penilaian Nyata

v Guru memberikan contoh tentang korespondensi satu-satu(kita misalkan contoh yang dekat dengan pengalaman siswa missal : anak-anak siapa yang tahu hal apa yang berkaitan dengan korespondensi satu-satu ? tentu dalam hal ini anak ada yang menjawab namun ada pula yang belum tahu, maka dalam hal ini guru mengambil contoh missal pasangan hidup ayah dodo, nani, indah dan boni tentu siswa lalu berfikir dan lalu guru menjelaskan bahwa jika ayah dodo berpasangan dengan ibunya, begitu pula dengan nani,indah dan boni, kemudian kita jelaskan jika ayah dodo mempunyai 2 pasangan hidup dalam hal ini 2 istri maka itu tidak dikatakan korespondensi satu-satu)





v Siswa diarahkan untuk membuat sendiri konsep tentang korespondensi satu-satu dari contoh soal yang telah diberikan menurut pemahaman siswa


v Guru menanyakan kepada siswa apa itu korespondensi satu-satu? Siapa yang dapat mendefenisikan tentang korespondensi satu-satu dari contoh soal yang diberikan?

v Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal pada LKS dengan cara bekerja sama dalam kelompok(yang mana dalam hal ini kelompok telah ditentukan pada pertemuan pertama dan meminta siswa untuk duduk pada kelompoknya pada saat belajar  sehingga saat guru masuk siswa telah berada dalam kelompoknya)

v Guru meminta perwakilan 1 orang dari masing-masing kelompok yang diambil secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya bersama kelompoknya

v Guru Meminta siswa untuk menyimpulkan hasil belajar pada hari ini yang mana bertujuan membentuk kognitif siswa dari pengalaman belajar hari ini juga dari pengalaman siswa diluar kelas yang berhubungan dengan materi sehingga dengan sendirinya siswa akan dapat dengan mudah memahami materi

v Guru memberi reward atau penghargaan (dalam hal ini reward tidak harus dengan benda atau uang) kepada siswa/kelompok siswa yang hasil diskusinya lebih baik, sehingga memacu siswa/kelompok belajar siswa lain untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik sehingga persaingan sehat dalam hal ini akan muncul. Namun siswa yang lain juga diberi reward dengan menyemagati siswa untuk lebih baik, jadi dalam hal ini siswa akan beranggapan bahwa guru memberikan nilai dengan obyektif

v Siswa memperhatikan dan menyimak pemberian contoh dari guru























v Siswa membuat konsep tentang korespondensi satu-satu dengan arahan dan bimbingan dari guru




v Siswa menjawab pertanyaan dari guru dan bertanya kembali kepada guru jika ada yang tidak dimengerti



v Siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa(LKS) secara kelompok dalam kelompoknya








v Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya sementara yang lain mendengar dan memprhatikan



v Siswa dengan arahan dan bimbingan guru bersama-sama menyimpulkan hasil belajar hari ini








v Siswa memberi mendengarkan guru serta memberikan aplus kepada teman yang mendapat reward dari guru































60 Menit

Kegiatan akhir(penutup) :




v Memberikan tugas rumah(PR)
Bentuk PR nya :
1.       Diketahui A={1,2} dan B={a,b}. Tunjukkan korespondensi satu-satu yang mungkin dari himpunan A ke himpunan B, dengan :
a.       Diagram panah
b.       Himpunan pasangan berurutan
c.       Berapa banyak korespondensi satu-satu yang terjadi ?

2.       Diketahui A={7,8,9} dan B={p,q,r}
a.        Tentukan himpunan pasangan berurutan yang mungkin untuk menunjukkan korespondensi satu-satu antara himpunan A dan B !
b.        Ada berapa banyak korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi ?


v Memberi informasi tentang materi selanjutnya yakni tentang Rumus Fungsi

v Guru menutup pelajaran pada hari ini

v Siswa mencatat tugas yang diberi oleh guru




















v Siswa mendengarkan informasi dari guru


v Siswa mengucapkan salam











10 Menit

E.   Alat dan Sumber Belajar
Ø  Alat                            : Spidol, Board, Penghapus, ATK.
Ø  Sumber belajar        : - Buku Matematika SMP kelas VIII 2A semester 1, disusun oleh M.Cholik Adirawan,          Erlangga
                                      -Buku referensi lain(LKS)



F.   Penilaian

Ø  Bentuk instrument: Uraian Singkat
Ø  Teknik                       : Tes Tertulis
Ø  KKM Sekolah           : 70






Contoh instrument  :
1.    Adakah korespondensi satu-satu antara :
a)      Himpunan Negara dan himpunan Bendera
b)      Himpunan siswa dengan umurnya
c)      Himpunan siswa dengan nama pada daftar hadir siswa
2.    Dari himpunan P = {bilangan ganjil yang kurang dari 10} dan himpunan Q = {huruf vocal}, tunjukkan bahwa dari soal ini memiliki korespondensi satu-satu….










                 Mengetahui,                                                                                   Pekanbaru, …………………..20..
               Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran Matematika




         Drs, Yongki Aribowo, M.Si                                                                              Jumianto, S.Pd
                 NIP. 876 414 009                                                                                        NIP. 096 410 956







Nama Siswa                 :                                  
Kelas                           :
Nama Sekolah             :








 

A.     INDIKATOR
Menentukan fungsi yang merupakan korespondensi satu-satu.
B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menentukan fungsi yang merupakan korespondensi satu-satu.
C.     DESKRIPSI MATERI AJAR

“Korespondensi satu-satu”

Himpunan A dikatakan berkorespondensi satu-satu dengan himpunan B jika setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B, dan setiap anggota B dipasangkan dengan tepat satu anggota A, dengan demikian banyak anggota himpunan A dan B haruslah sama.
Contoh :
Ø  Tentukan korespondensi satu-satu dengan diagram panah terhadap ibukota provinsi yang sesuai….
Dengan data sebagai berikut :
Provinsi           : {JAMBI,NAD,RIAU,SUMBAR,SUMUT}
Ibu Kota          : {Banda Aceh, Jambi,Pekanbaru,Medan,Padang}

Oval: Banda Aceh
Medan
Pekanbaru
Padang
JambiJawab :


 






                                                                                                   












Rounded Rectangle: Soal :
1. Adakah korespondensi satu-satu antara siswa di kelasmu dengan himpinan-himpunan berikut :
a. {Tempt duduk di kelas mu}
b. {Nama pada daftar hadir di kelasmu}
c. {Tanggal lahir siswa di kelasmu}
2. Buatlah empat diagram panah yang berlainan untuk korespondensi satu-satu antara himpunan 
A = {a,b,c} danm B={1,2,3,4}
3. Diantara pasangan – pasangan himpunan berikut, manakah yang dapat berkorepondensisatu-satu ?
a. P={titik sudut segitiga ABC} dan
Q={warna traffic light}
b. K={Huruf Vocal} dan
L={hari dalam seminggu}
4. Buatlah diagram panah korespondensi satu-satu dari himpunan jari tangan dan lima nama hari berurutan !
5. Jika himpunan P berkorespondensi satu-satu dengan himpunan Q, apakah n(P) = n(Q) ?
6. Jika n(P)=n(Q), apakah himpunan P dan Q berkorespondensi satu-satu ?





Nilai 
Tanda Tangan

 
Catatan
 


 
  

 Lembar Kerja Siswa:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar